Pedoman Pengguna Pemula F150 Part 1
1.Memanaskan mesin di pagi hari.
Agar mudah menyalakan mesin khususnya di pagi hari, ikuti cara berikut :
Tarik choke dan lakukan kick starter beberapa kali (kalau saya sekitar 5 x) sebelum kunci kontak dinyalakan, maksudnya supaya ada bensin yang masuk ke karbu dulu dan oli mesin naik dahulu sebelum mesin dinyalakan.
Lalu baru kunci kontak dinyalakan, choke dikembalikan pada posisi tertutup dan jangan tarik gas saat menyalakan mesin. Dengan cara demikian mesin akan lebih mudah start.
Panaskan mesin jangan terlalu lama, mungkin sekitar 2-5 menit saja. Karena jika terlalu lama, maka mesin akan cenderung overheat. Efeknya knalpotnya akan berwarna kekuningan. Ingat bahwa kebanyakan mesin motor masih mengandalkan pendingin angin, artinya hanya akan bekerja jika ada udara yang bergerak.
2.Melumasi rantai roda.
Untuk melumasi rantai pakai aja STP oil treatment, menurut pengalamanku kalau pakai oli (apalagi oli bekas apalagi minyak goreng) biasanya hanya bertahan kurang dari seminggu, belum lagi kalau pas hujan pasti langsung kering.
Setelah aku coba pakai STP oil treatment, bisa lebih dari 3 minggu Bro! Dan juga waktu dicuci dan kehujanan beberapa kali pun olinya masih tetep nempel.
3.Lindungi komponen listrik motor Anda.
Kalau ini sih info yang dapat di situs ini juga! Konon katanya karena batok lampu FU terbuka maka kalau kehujanan atau dicuci kadang sering bikin indikator RPM sering tiba-tiba mati. Biar aman, bungkus dengan plastik (caranya mirip bikin lontong atau membungkus permen.
Ini contohnya (tapi kayaknya nggak kelihatan yah?). Alat yang diperlukan obeng plus ama plastik (nggak perlu beli, minta ajah ama warung-warung terdekat) dan juga selotip atau karet gelang juga boleh (yang ini minta tetangga juga boleh!).
4.Pasang penutup knalpot biar kaki nggak kesetrika knalpot.
Nahh.. Kalau yang ini aku pernah ngerasain panasnya silincer knalpot FU, panas sekali Bro!!
Lalu kepikiran untuk bikin pelindung (atau pendingin sih sebetulnya?) knalpot, minimal sih buat mencegah orang lain kesetrika waktu parkir dan fungsi lainnya bisa buat gaya-gaya juga yah..!
Tapi ingat JANGAN pake yang model pipa-pipa panjang dan pake dudukan dari plastik ya, terang aja akan meleleh dong. Bikin masalah doang!
Harga sekitar 25ribu (bisa cari di toko variasi), dan juga harus beli klem satu bijinya seharga 5ribu. Untuk klemnya emang agak susah dicari Bro, tapi anehnya malah pernah liat di toko bangunan karena biasanya dipake buat mengunci sambungan pipa. Kayaknya di bengkel mobil juga ada loh!
Atau kalo mau coba pake punya motor lain macam Jupiter (27ribu) atau Scorpio juga bisa kok, nggak perlu pake dilas atau dibor. Kalau mau yang gampang, yah pake caraku ajah! Tinggal sekrup lempengan besi pelindung pada klem (lubangi klem dulu seukuran sekrup), lalu lingkarkan klem di knalpot. Selesaii!!!

5.Potong besi plat nomor agar lebih macho.
Yang agak aneh waktu melihat FU pertama kali yaitu letak plat nomornya yang terlalu ke depan. Jadi kelihat kayak Gatotkaca yang mulut bawahnya menutupi muka, yaahh… jadi mirip Cakil tuh! Potong ajah sesuai selera, bisa ke tukang las atau kalo suka tantangan bisa juga potong sendiri (tapi ngelasnya gimana?)
Kalo ke tukang las habis biaya 3ribu perak, plus sediakan spidol hitem buat nutup sambungan las barunya (he he.., pinjem ama tetangga kalau pengen hemat!). Kalo bisa plat nomor bagian bawah ditekuk biar tidak menghalangi aliran udara.

6.Sesuaikan tuas rem depan dengan selera Anda.
Yang bikin nggak nyaman saat pertama kali menunggangi FU yaitu tuas remnya yang rada-rada tegak dan nggak sesuai dengan posisi tangan yang nyaman.
Sesuaikan dengan selera Anda, hanya modal kunci no 8 kok! Juga sekalian ama tuas koplingnya yah..!
Tapi kok rasa-rasanya tetep aja tangan kananku pegal waktu buat muter-muter agak lama, kayaknya emang tarikan gasnya yang agak berat yach! Solusinya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon di comment